Ă—
====Corporate News
Our Latest News and Blog
Home > News and Blogs > WAVES Magazine KSA > INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 1)

INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 1)

WAVES Magazine KSA

INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 1)

MENGATAKAN YANG SEBENARNYA

oleh : Irw

Kejujuran setiap orang biasanya tidak bisa dinilai dan kejujuran ini sebenarnya sangat penting sekali dalam kehidupan, baik dengan diri sendiri, maupun dalam membina hubungan dengan orang lain, keluarga, rekan kerja dan bisnis. Ketidakjujuran biasanya akan membuat seseorang kehilangan reputasi yang pernah diraihnya, bahkan dapat mengganggu kehidupan rumah tangga.

Kejujuran setiap orang biasanya tidak bisa dinilai dan kejujuran ini sebenarnya sangat penting sekali dalam kehidupan, baik dengan diri sendiri, maupun dalam membina hubungan dengan orang lain, keluarga, rekan kerja dan bisnis. Ketidakjujuran biasanya akan membuat seseorang kehilangan reputasi yang pernah diraihnya, bahkan dapat

mengganggu kehidupan rumah tangga. Kata integritas berasal dari bahasa Inggris yakni integrity, yang berarti menyeluruh, lengkap atau segalanya. Kamus Oxford menghubungkan arti integritas dengan kepribadian seseorang yaitu jujur dan utuh. Ada juga yang mengartikan integritas sebagai keunggulan moral dan menyamakan integritas sebagai “jati diri”.

Integritas juga diartikan sebagai bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik, Dengan kata lain integritas diartikan sebagai “Satunya Kata dengan Perbuatan”. PaulJ. Meyer menyatakan bahwa “integritas itu nyata dan terjangkau dan mencakup sifat seperti: bertanggung jawab, jujur, menepati kata-kata, dan setia. Jadi, saat berbicara tentang integritas tidak pernah lepas dari kepribadian dan karakter seseorang, yaitu sifat-sifat seperti: dapat dipercaya, komitmen, tanggung jawab, kejujuran, kebenaran, dan kesetiaan.

Betapa sering kita meremehkan dan memandang sebelah mata terhadap arti penting sebuah integritas. Padahal, walaupun ada pengorbanan dan harga yang harus dibayar demi sebuah integritas, akan lebih banyak risiko dan akibat fatal yang terjadi jika harus mengorbankan integritas. Bila kita tidak memperhatikan sikap dan tindakan, kenikmatan sesaat seringkali berujung pada akibat buruk yang berkepanjangan.

Kejujuran adalah kunci untuk dipercaya. Ketika Anda melakukan sesuatu dengan kejujuran, Anda memberikan hati dan jiwa Anda untuk itu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi juga meningkatkan ikatan yang Anda bagi dengan orang-orang di sekitar Anda. Hal inipun akan dirasakan orang lain yang

mengenali Anda, melihat kejujuran Anda dan mulai mempercayai Anda. Secara bertahap seiring proses; mereka mempercayai apapun yang Anda katakan atau lakukan adalah benar, tulus dan jujur. Hal ini dapat menjadi modal yang sangat penting bagi Anda, karena kepercayaan adalah salah satu hal yang paling penting dalam berhubungan dengan orang lain.

Saat Anda mulai mendapatkan kepercayaan dari orang lain, Anda mulai mendapatkan kesempatan untuk menciptakan image yang baik tentang diri Anda. Memilih kejujuran sebagai nilai-nilai perilaku Anda dapat membantu Anda dalam pekerjaan Anda.

Jika Anda adalah orang jujur, Anda pasti dapat menerima keberhasilan ataupun kegagalan dengan cara yang benar. Ini pasti akan memberikan kesankesan yang baik pada orang-orang disekitar Anda. Reputasi bisa dibuat dalam sekejap tapi karakter dibangun seumur hidup. Setiap kejadian dari hidup Anda dan setiap proses dalam hidup, Anda membangun karakter Anda. Jika Anda menjadikan kejujuran sebagai nilai-nilai perilaku Anda, orang akan menganggap Anda orang yang memiliki nilainilai yang tinggi, karena kejujuran adalah yang terbaik dari semua kebajikan. Kejujuran membawa kepercayaan dan meningkatkan karakter moral Anda. Akibatnya orang akan menghargai sikap Anda.

Dengan kata lain kejujuran memungkinkan Anda untuk mendapatkan rasa hormat dari orang di luar sana dan juga menghargai Anda dengan karakter dan sikap Anda. Ketika Anda menjadikan kejujuran sebagai nilai-nilai kebijakan Anda, Anda cenderung untuk menimbang kata-kata dan tindakan Anda sebelum Anda mengatakan atau melakukan suatu perbuatan. Sebagai hasilnya, Anda akan menjadi orang yang bertanggungjawab yang peduli akan reputasi dan nilai-nilai hidup.

Bersambung ke Bagian 2

TAG :

ptksa, kartika samudra adijaya, tug and barges, floating crane, tanker, shipping company, indonesia, tanker indonesia