Ă—
====Corporate News
Our Latest News and Blog
Home > News and Blogs > WAVES Magazine KSA > INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 3)

INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 3)

WAVES Magazine KSA

INTEGRITY dan KEJUJURAN (Bag. 3)

MENGATAKAN YANG SEBENARNYA (Bag. 3)

oleh : Irw

Baca: Bag. 1 | Bag. 2

“Untuk menjadi persuasif maka kita harus dipercaya, untuk dipercaya kita harus kredibel, dan untuk dipercaya kita harus jujur. Dari kutipan tersebut kita dapat melihat betapa pentingnya kejujuran”. - Edward R. Murrow

Kita harus memiliki keberanian untuk mengatakan tidak. Memiliki keberanian untuk menghadapi kebenaran. Lakukan hal yang benar karena hal itu benar. Ini merupakan kunci magis untuk hidup dengan berintegritas. Seringkali kita berhadapan dengan situasi bahwa kita terpaksa melakukan sesuatu yang tidak benar karena tidak berani untuk mengatakan tidak karena yang meminta kita untuk melakukannya adalah atasan kita. Menghadapi situasi demikian maka kita harus memiliki keberanian untuk mengatakan tidak.

Sekali kita melakukan kompromi untuk melakukan hal yang tidak benar maka kita akan terus diminta untuk melakukan kompromi tersebut di lain kesempatan. Hingga pada akhirnya kita tidak lagi merasa bahwa yang kita lakukan tersebut adalah salah karena sudah menjadi kebiasaan. Berdasarkan uraian diatas, kejujuran merupakan hal mutlak yang harus dimiliki dalam bekerja. Karena hal ini akan membantu Anda meraih masa depan yang jauh lebih baik. Sifat yang jujur selain membawa Anda ke arah yang lebih baik, juga akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan. Loyalitas dalam melakukan pekerjaan harus diikuti dengan kejujuran.

Jika anda bekerja sangat loyal pada perusahaan, tidak akan ada artinya jika anda tidak jujur. Jujur yang dimaksud disini adalah, jika anda diberi kepercayaan untuk menyelesaikan sebuah tugas, maka Anda harus menjalankannya sesuai perintah dan tidak melakukan tindakan lain yang bisa merugikan perusahaan. Jika anda melakukan tindakan lain yang merugikan perusahaan, maka sanksi akan menanti anda.

Kejujuran dalam relasi tidak hanya mutlak dibutuhkan oleh karyawan kepada perusahaan, namun para atasan juga sangat mutlak melakukan kejujuran. Jujur bagi seorang atasan yaitu memberikan hak-hak karyawan tanpa menutup-nutupinya ataupun melakukan tindak kecurangan demi kepentingan perusahaan. Agar sebuah perusahaan bisa berjalan terus dan memiliki hubungan yang baik dengan karyawan, maka kejujuran dari kedua belah pihak wajib untuk terus dijalankan.

“Reputasi dan integritas kita adalah segalanya. Mengikuti bahwa apa yang kita katakan akan kita lakukan”. - Maria Razumich-Zec

TAG :

ptksa, kartika samudra adijaya, tug and barges, floating crane, tanker, shipping company, indonesia, tanker indonesia