├Ś
====Corporate News
Our Latest News and Blog
Home > News and Blogs > WAVES Magazine KSA > 3 Tips Membuat Karyawan Nyaman Bekerja di era New Normal

3 Tips Membuat Karyawan Nyaman Bekerja di era New Normal

WAVES Magazine KSA

3 Tips Membuat Karyawan Nyaman Bekerja di era New Normal

Istilah normal baru atau new normal mulai diberlakukan di Indonesia. Memasuki masa new normal berarti perusahaan dan bisnis sudah mulai beroperasi kembali. Namun dalam membuka kembali bisnis, tentunya ada beragam hal yang harus dipatuhi oleh para pebisnis, terutama protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, para pebisnis ini pun juga harus memperhatikan para karyawannya. Setelah tiga bulan lebih berada di rumah saja dan karyawan harus memulai aktivitas kembali di kantor, tentunya sebagai pemimpin dan pemilik bisnis kalian wajib memperhatikan kondisi mental karyawan kalian. Sebisa mungkin buatlah mereka merasa nyaman dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini melansir dari Inc.

1. Menjelaskan Kebijakan Baru

Jika perusahaan atau bisnis kalian membuat suatu kebijakan baru terkait dengan protokol kesehatan dan lain sebagainya, maka hal tersebut sangat perlu untuk dijelaskan kepada karyawan. Tak hanya dijelaskan, namun beri pelatihan kepada karyawan agar mereka merasa aman dan nyaman. Nah, dalam pembuatan kebijakan baru tersebut haruslah disertai dengan alasan mengapa dibuat kebijakan baru. Tujuannya adalah agar karyawan memahami apa maksud dari kebijakan-kebijakan baru tersebut dan mengetahui bahwa kebijakan dibuat agar karyawan juga pelanggan merasa aman.

2. Berempati

Penting bagi kalian para pemimpin bisnis untuk menunjukkan rasa empati, peduli dan perhatian pada emosiápara karyawan. Karena ketika para karyawan kembali ke kantor untuk bekerja, suasananya jelas akan berbeda jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. Oleh karena itu, memahami sisi emosional karyawan patut untuk dilakukan dalam rangka mendukung karyawan dan menemukan cara yang pas untuk beradaptasi dengan suasana yang baru. Ketika kalian berhasil berempati pada apa yang dirasakan karyawan, maka karyawan juga akan semakin respek pada kalian dan semakin semangat dalam melakukan adaptasi.

3. Komunikasi Dua Arah

Selalu lakukan komunikasi secara dua arah dan transparan. Dengan komunikasi dua arah, kalian bisa mengetahui apa respon karyawan terhadap kebijakan yang dibuat. Karyawan juga bisa menambahkan masukkan atau ide seandainya ada hal yang terlupa. Komunikasikan secara terbuka mengenai panduan dan pemakaian peralatan sesuai aturan yang berlaku. Bagi beberapa orang mungkin terasa berat harus bekerja dengan mengenakan masker karena mungkin tidak terbiasa.

Sebagai pemilik dan pemimpin, tugas kalian adalah mengkomunikasikan kepada mereka bahwa penggunaan masker sendiri dilakukan untuk kebaikan para karyawan agar mereka bisa bekerja dengan leluasa tanpa takut terserang virus COVID-19 ini. Dengan komunikasi terbuka dan dua arah, diharapkan karyawan bisa merasa lebih nyaman dalam bekerja menyambut new normal ini. Jangan segan untuk mengungkapkan pada karyawan untuk memberi tahu jika mereka merasa tidak nyaman dalam suatu hal agar bisa segera dicari solusinya.

TAG :

ptksa, kartika samudra adijaya, tug and barges, floating crane, tanker, shipping company, indonesia, tanker indonesia